Drop Cap, Columns, Header & Footer, Clip Art, Footnote dan Comment
Drop Cap, Columns, Header & Footer, Clip Art, Footnote dan Comment
Assalamualaikum Wr. Wb
A. MEMBUATDROPCAP
Drop Cap adalah satu hurup awal teks yang diberi tatanan khusus dari teks
lainnya. Sebetulnya tatanan Drop Cap adalah hurup yang diberi Frame, tetapi
dilakukan secara otomatis, untuk membuat Drop Cap lakukan langkah-langkah
berikut :
a. Letakan kursor di paragraf yang
akan diberi tatanan Drop cup.
b. Pilih
Menu Format – Drop Cap
c. Tentukan
tatanan yang diinginkan, seperti position untuk menentukn posisi Drop Cap
terhadap teks yang lain sesuai dengan bentuk tampilan. Font untuk
menentukan font Drop Cap, Line to Drop menentukan berapa baris
ukuran Drop Cap relatif terhadap teks lainnya. Diostance From Text menentukan
jarak antaa Drop Cap dengan teks lainnya lalu Klik OK .
B. COLUMNS
Dengan Microsoft Word
anda dapat mengetik dokumen berbentuk model kolom, atau dalam suatu dokumen
tersendiri dari pengetikan dengan jumlah kolom yang berbeda.
Untuk membuat dokumen berbentuk kolom
ikutilah langkah-langkah berikut ini :
a. Ketik terlebih dahulu dokumen
anda
b. Setelah selesai diketik,
pilihlah (blok) dokumen yang akan dibuat dengan bentuk kolom.
c. Pilihlah
menu Format- columns atau Klik ikon Colomns [].
d. Tentukan pilihan kolom yang
sesuai, seperti :
– Presets. Untuk menentukan jenis
kolom yang diinginkan.
– Number of Columns, berapa
jummlah kolom yang akan dibuat
– Line between, membuat garis
ditengah-tengah kolom
e. Klik OK
C.
HEADER and FOOTER
Header adalah suatu
teks yang tercetak dibagian atas setiap halaman (termasuk nomor halaman).
Sedangkan footer tercetak disetiap halaman pada bagian bawah halaman.
Untuk membuat Header dan foother
ikutilah langkah-langkah berikut :
a. Pilih
menu View- Header and Foother
b. Ketik header dan footer yang anda inginkan.
Kalau perlu anda juga dapat mengatur nomor halaman, menyisipkan tulisan,
tanggal dan jam serta mengatur tatanan header dan foother
c. Klik Close jika
sudah selesai.
D. CLIP ART
1.
Letakkan kursor pada naskah/workspace/kertas
2.
Klik menu Insert, pada toolbar klik Clip Art.
Kalau langkah anda benar akan muncul di
sebelah kanan kotak dialog Clip
Art seperti ilustrasi dibawah
ini :
3.
Pada kotak dialog Clip Art, klik Go untuk menampilkan gambar / clip art
yang tersedia pada Ms. Word. Setelah Clip Art muncul,
yang tersedia pada Ms. Word. Setelah Clip Art muncul,
tinggal
klik kiri 2x untuk memasukkan clip art ke dalam naskah.
Apabila Clip Art kita sudah
jadi langkah selanjutnya adalah melakukan formatClip Art supaya
gambar bisa digeser-geser dengan mudah kita dapat langsung lanjutnya ke Langkah Menformat Word Art/Clip
Art yang sudah jadi..
Dan dibawah ini adalah salah satu contoh Clip Art yang sudah
memakai salah satu format dari wrapping style yang ada..
E.
WATERMARK
Watermark
adalah tool yang disediakan oleh microsoft office word untuk membuat tulisan
transparan yang berada dibelakang tulisan utama pada lembar kerja ms word.
Dengan tool ini kita bisa menyisipkan kata atau kalimat pada lembar kerja ms
word. Untuk membuat watermark pada ms word, ikuti langkah-langkah berikut:
1.
Buka lembar kerja microsoft word anda yang akan diberi
watermark
2.
Klik menu page layout pada menu bar microsoft office
3.
Lalu, pada group page
background, pilih watermark
untuk membuat tulisan transparan.
4.
Ketika kita klik watermark, maka akan muncul template
dari watermark misalkan tulisan DO NOT COPY dengan tulisan miring atau
horizontal.
5. Pilih salah
satu watermark sesuai dengan keinginan anda.
6. Lalu
selanjutnya, jika anda ingin merubah tulisan yang sudah ada, tingal klik
watermark lagi kemudian pilih custom watermark.
7.
Edit atau ganti tulisan text pada menu text watermark
8.
Anda juga bisa mengganti ukuran dan bentuk tulisan
dari font yang digunakan.
9.
Setelah semuanya selesai, klik OK untuk selesai, dan
10. Selanjutnya
lihat hasilnya.
F. PAGE BORDER
1.
Langkah-langkah:
- Pada
tab Page Layout (Word 2007 – 2010) atau tab Design (Word
2013 ke atas), Page Background grup, klik Page
Borders.
- Akan
muncul Page Border tab pada kotak dialog Borders
and Shading.
- Di
bagian Setting, pilih bentuk bingkai yang diinginkan,
misalnya:
- Box: untuk membuat bingkai pada
seluruh sisi halaman.
- Shadow: untuk membuat bingkai dengan
efek bayangan.
- 3-D: untuk membuat bingkai dengan
efek 3-D. Catatan: efek 3-D hanya bisa digunakan pada gaya
garis tertentu saja.
- Custom: untuk membuat bingkai pada
sisi tertentu halaman. Caranya: di bagian Preview, klik
tombol atas, bawah, kanan, atau kiri.
- Buat
pengaturan pada:
- Style: untuk menentukan gaya garis
bingkai.
- Color: untuk menentukan warna garis
bingkai.
- Width: untuk menentukan ketebalan
garis bingkai.
- Art: untuk memilih bingkai yang
artistik, misalnya gambar bintang, pohon, dan lain-lain.
- Selanjutnya
buat pengaturan pada Apply to:
- Whole document: pilih pengaturan ini untuk
memberi bingkai pada semua halaman dokumen.
- This section: untuk memberi bingkai pada
semua halaman di section tertentu.
- This section – First page only:
untuk memberi bingkai di halaman pertama section tertentu.
- This section – All except first page:
untuk memberi bingkai pada semua halaman di section tertentu kecuali
halaman pertama.
- Untuk
merubah bingkai halaman: pada Page Layout tab, Page
Backgroundgrup, klik Page Borders. Buat perubahan yang
diinginkan pada Page Border tab.
- Untuk
menghapus bingkai halaman: pada Page Layout tab, Page
Backgroundgrup, klik Page Borders. Untuk menghapus
seluruhnya, di bagian Setting, klik None. Untuk
menghapus sisi tertentu saja, klik tombol bingkai di bagian Preview.
G.
SMART ART
Grafik SmartArt adalah
representasi visual informasi dan gagasan Anda. Anda membuatnya dengan memilih
tata letak yang cocok dengan pesan Anda. Beberapa tata letak (seperti bagan
organisasi dan diagram Venn) menggambarkan spesifik jenis informasi, saat orang
lain hanya meningkatkan tampilan daftar berpoin.
Digabungkan dengan
fitur lain seperti tema, Grafik SmartArt membantu Anda membuat ilustrasi berkualitas desainer
hanya dengan beberapa klik mouse Anda.
H. FOOTNOTE
Footnote adalah catatan kaki dalam
dokumen, biasanya dipakai untuk merangkai suatu kata atau kalimat atau pokok
bahasan dalam dokumen, untuk memperjelas maksud dokumen atau menerangkan
sumbernya.
Langkah – langkah untuk membuat footnote adalah
sebagai berikut :
a. Bawalah kursor ketempat tanda footnote akan
diletakan.
b. Pilih Menu Insert- Footnote
c. Tentukan pilihan footnote yang anda inginkan
:
– Footnote, dokumen
footnote akan disimpan setiap akhir halaman
– Endnote, dokumen
footnote akan disimpan setiap dokumen
– AutoNumber, jenis
footnote dapat berupa angka
– Custom mark, jenis
footnote berupa syimbol atau karakter khusus
d. Klik OK
I.
COMMENT
Ketika kita membaca file Microsoft Word terkadang kita merasa perlu Menambahkan
Catatan atau Memberi Komentar pada kata atau kalimat tertentu di
file tersebut, tetapi tanpa merubah isi dari file itu sendiri. Misalnya kita
menerima materi berupa file Microsoft Word hendak menambahkan catatan tanpa
merubah isi materi tersebut. Untuk menambahkan catatan atau memberi komentar
pada microsoft word kita bisa menggunakan fitu “Comments” yang tersedia
di Microsoft Word. Fitur ini terletak di barisan menu “Review”.
Langkah untuk menambahkan catatan atau memberi komentar pada microsoft
word adalah sebagai berikut :
1. Pilih
atau blok kata/kalimat yang akan diberi komentar (catatan)
2. Setelah
itu klik menu “Review”
3. Pilih
“New Comment”
4. Lalu
ketikkan catatan atau komentar yang ingin diberikan Setelah selesai silahkan
simpan file tersebut
Demikian
lah dari pembahasan tentang materi diatas yang dapat saya jelaskan . semoga
bermanfaat.
Komentar
Posting Komentar