Drop Cap, Columns, Header & Footer, Clip Art, Footnote dan Comment

Drop Cap, Columns, Header & Footer, Clip Art, Footnote dan Comment
Assalamualaikum Wr. Wb

A.  MEMBUATDROPCAP
Drop Cap adalah satu hurup awal teks yang diberi tatanan khusus dari teks lainnya. Sebetulnya tatanan Drop Cap adalah hurup yang diberi Frame, tetapi dilakukan secara otomatis, untuk membuat Drop Cap lakukan langkah-langkah berikut :

a.  Letakan kursor di paragraf yang akan diberi tatanan Drop cup.
b.  Pilih Menu Format – Drop Cap
c.  Tentukan tatanan yang diinginkan, seperti position untuk menentukn posisi Drop Cap terhadap teks yang lain sesuai dengan bentuk tampilan. Font untuk menentukan font Drop Cap, Line to Drop menentukan berapa baris ukuran Drop Cap relatif terhadap teks lainnya. Diostance From Text menentukan jarak antaa Drop Cap dengan teks lainnya lalu Klik OK .


B.  COLUMNS
Dengan Microsoft Word anda dapat mengetik dokumen berbentuk model kolom, atau dalam suatu dokumen tersendiri dari pengetikan dengan jumlah kolom yang berbeda.
Untuk membuat dokumen berbentuk kolom ikutilah langkah-langkah berikut ini :
a.  Ketik terlebih dahulu dokumen anda
b.  Setelah selesai diketik, pilihlah (blok) dokumen yang akan dibuat dengan bentuk kolom.
c.  Pilihlah menu Format- columns atau Klik ikon Colomns [].
d.  Tentukan pilihan kolom yang sesuai, seperti :
–  Presets. Untuk menentukan jenis kolom yang diinginkan.
–  Number of Columns, berapa jummlah kolom yang akan dibuat
–  Line between, membuat garis ditengah-tengah kolom
e.  Klik OK
C.  HEADER and FOOTER
Header adalah suatu teks yang tercetak dibagian atas setiap halaman (termasuk nomor halaman). Sedangkan footer tercetak disetiap halaman pada bagian bawah halaman.
Untuk membuat Header dan foother ikutilah langkah-langkah berikut :
a.  Pilih menu View- Header and Foother
b.  Ketik header dan footer yang anda inginkan. Kalau perlu anda juga dapat mengatur nomor halaman, menyisipkan tulisan, tanggal dan jam serta mengatur tatanan header dan foother
c.  Klik Close jika sudah selesai.


D.  CLIP ART

1.      Letakkan kursor pada naskah/workspace/kertas
2.      Klik menu Insert, pada toolbar klik Clip Art. Kalau langkah anda benar akan muncul di sebelah kanan kotak dialog Clip Art seperti ilustrasi dibawah ini :
3.       Pada kotak dialog Clip Art, klik Go untuk menampilkan gambar / clip art
     yang tersedia pada Ms. Word. Setelah Clip Art muncul,
     tinggal klik kiri    2x untuk memasukkan clip art ke dalam naskah.

Apabila Clip Art kita sudah jadi langkah selanjutnya adalah melakukan formatClip Art supaya gambar bisa digeser-geser dengan mudah kita dapat langsung lanjutnya ke Langkah Menformat Word Art/Clip Art yang sudah jadi..

Dan dibawah ini adalah salah satu contoh Clip Art yang sudah memakai salah satu format dari wrapping style yang ada..

E.   WATERMARK
Watermark adalah tool yang disediakan oleh microsoft office word untuk membuat tulisan transparan yang berada dibelakang tulisan utama pada lembar kerja ms word. Dengan tool ini kita bisa menyisipkan kata atau kalimat pada lembar kerja ms word. Untuk membuat watermark pada ms word, ikuti langkah-langkah berikut:

1.      Buka lembar kerja microsoft word anda yang akan diberi watermark
2.      Klik menu page layout pada menu bar microsoft office
3.      Lalu, pada group page background, pilih watermark untuk membuat tulisan transparan.
4.      Ketika kita klik watermark, maka akan muncul template dari watermark misalkan tulisan DO NOT COPY dengan tulisan miring atau horizontal.
5.      Pilih salah satu watermark sesuai dengan keinginan anda.
6.      Lalu selanjutnya, jika anda ingin merubah tulisan yang sudah ada, tingal klik watermark lagi kemudian pilih custom watermark.
7.      Edit atau ganti tulisan text pada menu text watermark
8.      Anda juga bisa mengganti ukuran dan bentuk tulisan dari font yang digunakan.
9.      Setelah semuanya selesai, klik OK untuk selesai, dan
10.  Selanjutnya lihat hasilnya.



F.   PAGE BORDER
1.      Langkah-langkah:
  1. Pada tab Page Layout (Word 2007 – 2010) atau tab Design (Word 2013 ke atas), Page Background grup, klik Page Borders.
  2. Akan muncul Page Border tab pada kotak dialog Borders and Shading.
  3. Di bagian Setting, pilih bentuk bingkai yang diinginkan, misalnya:
    1. Box: untuk membuat bingkai pada seluruh sisi halaman.
    2. Shadow: untuk membuat bingkai dengan efek bayangan.
    3. 3-D: untuk membuat bingkai dengan efek 3-D. Catatan: efek 3-D hanya bisa digunakan pada gaya garis tertentu saja.
    4. Custom: untuk membuat bingkai pada sisi tertentu halaman. Caranya: di bagian Preview, klik tombol atas, bawah, kanan, atau kiri.
  4. Buat pengaturan pada:
    1. Style: untuk menentukan gaya garis bingkai.
    2. Color: untuk menentukan warna garis bingkai.
    3. Width: untuk menentukan ketebalan garis bingkai.
    4. Art: untuk memilih bingkai yang artistik, misalnya gambar bintang, pohon, dan lain-lain.
  5. Selanjutnya buat pengaturan pada Apply to:
    1. Whole document: pilih pengaturan ini untuk memberi bingkai pada semua halaman dokumen.
    2. This section: untuk memberi bingkai pada semua halaman di section tertentu.
    3. This section – First page only: untuk memberi bingkai di halaman pertama section tertentu.
    4. This section – All except first page: untuk memberi bingkai pada semua halaman di section tertentu kecuali halaman pertama.
  6. Untuk merubah bingkai halaman: pada Page Layout tab, Page Backgroundgrup, klik Page Borders. Buat perubahan yang diinginkan pada Page Border tab.
  7. Untuk menghapus bingkai halaman: pada Page Layout tab, Page Backgroundgrup, klik Page Borders. Untuk menghapus seluruhnya, di bagian Setting, klik None. Untuk menghapus sisi tertentu saja, klik tombol bingkai di bagian Preview.

G.  SMART ART
Grafik SmartArt adalah representasi visual informasi dan gagasan Anda. Anda membuatnya dengan memilih tata letak yang cocok dengan pesan Anda. Beberapa tata letak (seperti bagan organisasi dan diagram Venn) menggambarkan spesifik jenis informasi, saat orang lain hanya meningkatkan tampilan daftar berpoin.
Digabungkan dengan fitur lain seperti tema, Grafik SmartArt membantu Anda membuat ilustrasi berkualitas desainer hanya dengan beberapa klik mouse Anda.


H.  FOOTNOTE
Footnote adalah catatan kaki dalam dokumen, biasanya dipakai untuk merangkai suatu kata atau kalimat atau pokok bahasan dalam dokumen, untuk memperjelas maksud dokumen atau menerangkan sumbernya.
Langkah – langkah untuk membuat footnote adalah sebagai berikut :
a.  Bawalah kursor ketempat tanda footnote akan diletakan.
b.  Pilih Menu Insert- Footnote
c.  Tentukan pilihan footnote yang anda inginkan :
–  Footnote, dokumen footnote akan disimpan setiap akhir halaman
–  Endnote, dokumen footnote akan disimpan setiap dokumen
–  AutoNumber, jenis footnote dapat berupa angka
–  Custom mark, jenis footnote berupa syimbol atau karakter khusus
d.  Klik OK

I.      COMMENT
Ketika kita membaca file Microsoft Word terkadang kita merasa perlu Menambahkan Catatan atau Memberi Komentar pada kata atau kalimat tertentu di file tersebut, tetapi tanpa merubah isi dari file itu sendiri. Misalnya kita menerima materi berupa file Microsoft Word hendak menambahkan catatan tanpa merubah isi materi tersebut. Untuk menambahkan catatan atau memberi komentar pada microsoft word kita bisa menggunakan fitu “Comments” yang tersedia di Microsoft Word. Fitur ini terletak di barisan menu “Review”.

Langkah untuk menambahkan catatan atau memberi komentar pada microsoft word adalah sebagai berikut :

1.      Pilih atau blok kata/kalimat yang akan diberi komentar (catatan)
2.      Setelah itu klik menu “Review”
3.      Pilih “New Comment”
4.      Lalu ketikkan catatan atau komentar yang ingin diberikan Setelah selesai silahkan simpan file tersebut

Demikian lah dari pembahasan tentang materi diatas yang dapat saya jelaskan . semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum Wr.wb

silakan baca disini!

Komentar

Postingan Populer