Pengenalan Microsoft Word 2010, Menu dan Fungsi menu Ms Word 2010
Pengenalan Microsoft
Word 2010, Menu dan Fungsi menu Ms Word 2010
A
Pengertian
Microsoft Word
2010 adalah aplikasi pengolah kata yang merupakan kelanjutan dari lanjutan dari
versi sebelumnya. Aplikasi pengolah kata produk Microsoft ini dirancang
untuk membantu Anda membuat dokumen profesional berkualitas seperti laporan, dokumen berbentuk surat, brosur,
tabel dan masih banyak lagi dokumen-dokumen yang dapat dikerjakan dengan
menggunakan Microsoft Word terutama Microsoft Word 2010.
Microsoft Word 2010 juga
dilengkapi dengan fasilitas dan fitur terbaru dan canggih diantaranya fasilitas
digital signature, publikasi dokumen ke dalam format PDF dan XPS dan masih
banyak lagi keunggulan-keunggulan lainnya yang dapat kita rasakan ketika
menggunakan progam Microsoft Word 2010.
B Mengenal
Fungsi Menu Bar dan Fungsi Icon Word 2010
A. Pengertian dan Bagian Tabs Menu Word
2010
Tabs
Menu adalah bagian dari quick access yang terdapat pada microsoft office
word 2010 dimana menu ini difungsikan untuk akses cepat menuju suatu akses
fungsi yang dapat kalian gunakan ketika kalian sedang membuat dokumen teks atau
gambar. Perlu kalian ketahui bahwa yang termasuk kedalam tab menu office word
2010 adalah sebagai berikut :
- Tab
File
- Tab
Home
- Tab
Insert
- Tab
Page Layout
- Tab
References
- Tab
Maillings
- Tab
Review
- Tab
View
B.
Pengertian dan Pembagian Ribbon di Word 2010
Ribbon jika diartikan
secara menyeluruh adalah bagian utama menu office word 2010 yang menampilkan
beberapa menu akses cepet seperti Tabs menu, Groups Menu dan Command.
Namun jika kita artikan secara spesifik Ribbon adalah
suatu kumpulan tool menu yang terdapat pada bagian tab menu, dimana
kumpulan-kumpulan tool ini juga dibagi menjadi beberapa bagian yang disebut
dengan group. Perlu kalian ketahui bahwa dari setiap tool-tool tersebut
mempunyai fungsi kerja masing-masing dan bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan
yang kalian perlukan. Yang termasuk kedalam kategori ribbon adalah sebagai
berikut
- Tabs
Menu - Bagian ini bisa terlihat di bagian atas Ribbon
dan berisi beberapa kelompok perintah terkait yang digolongkan berdasarkan
tabs tertentu seperti Home, Insert, Page Layout adalah contoh tab ribbon.
- Groups
- Bagian ini merupakan kumpulan alat untuk
mengatur perintah tertentu, setiap nama grup muncul didalam tabs menu pada
Ribbon, seperti groups clipboard, group font dan group paragraph.
- Commands
- Bagian ini merupakan fungsi perintah yang
muncul dalam setiap kelompok seperti yang disebutkan di atas
C.
Pengertian Title Bar Office Word 2010
Title Bar merupakan identitas atau nama dari suatu dokumen yang
sedang kalian kerjakan. Secara default title bar ini akan muncul dengan
keterangan Documen1 - Microsoft Word, namun
ketika kalian sudah menyimpan dokumen tersebut dengan sebuah nama, maka nama tersebut
akan berubah menjadi nama_dokumen_kalian - Microsoft
Word .
D.
Pengertian dan Fungsi Rulers Di Microsoft Word 2010
Ruler atau penggaris merupakan
tool yang bisa kalian gunakan untuk mengatur lebar dan tinggi halaman dokumen
secara manual tanpa harus mengatur ukuran di page layout. Dalam hal
ini ruler dibagi menjadi dua bagian yakni Ruler Horizontal dan ruler
vertikal.
- Ruler
horizontal muncul tepat di bawah bagian Ribbon dan
sering digunakan untuk mengatur margin dan tab stop.
- Ruler
vertikal muncul di tepi kiri jendela Word dan sering
digunakan untuk mengukur posisi vertikal elemen pada halaman.
.
.
E. Pengertian Status Bar Di Office Word 2010
Status bar merupakan sebuah tampilan bar kecil yang memberikan informasi
banyaknya jumlah suku kata didalam sebuah dokumen, meberikan informasi
banyaknya halaman atau jumlah dokumen dalam satu lembar kerja dan menampilkan
informasi bahasa yang kalian gunakan.
F. Pembagian dan Fungsi Menu pada Tab File
- Save - Menyimpan dokumen ke tempat penyimpanan komputer
- Save As - Menyimpan
dokumen dengan beberapa pilihan format lain seperti PDF, Doc, Dot, Html,
xml dan format lainnya
- Open - Untuk membuka file dokumen yang bisa terbaca di office
word 2010
- Close - Untuk
menutup dokumen yang sedang dikerjakan
- Info - Untuk menampilkan informasi lain seperti jika kalian
akan memberikan password atau kunci keamanan di dokumen yang kalian buat
- Recent - Untuk
melihat informasi dokumen yang telah kalian kerjakan sebelumnya
- New - Untuk membuat dokumen baru yang support dengan office
word 2010, diantara dokumen docx, doc, membuat design template dll.
- Print - Menampilkan
informasi dokumen yang akan diprint, serta kalian juga dapat mengatur
setelan print out yang diinginkan
- Save & Send - Untuk
menyimpan dan mengirim langsung dokumen yang kalian buat, salah satunya
adalah langsung mengirimnya ke alamat email atau blog khusus
- Help - Untuk menampilkan bantuan-bantuan yang tedapat di office
word 2010
- Options - Untuk
melakukan pengaturan di aplikasi office word 2010, seperti display, theme,
font default dll.
- Exit - Untuk keluar dari aplikasi word 2010
G. Pembagian dan Fungsi Menu pada Tab Home
- Paste - Untuk
menempelkan tulisan atau gambar yang telah kalian salin di sumber lain
- Cut - Untuk
memotong tulisan atau gambar yang kalian seleksi di dalam dokumen
- Copy - Untuk
menyalin tulisan atau gambar didalam dokumen word
- Font Style - Untuk memilih atau merubah jenis tulisan yang
kalian inginkan
- Bold (B) - Untuk
membuat tulisan menjadi tebal
- Italic (I) - Untuk
membuat tulisan menjadi miring
- Underline (U) - Untuk
membuat tulisan bergaris bawah
abc- Untuk membuat tulisan coret- Superscript dan Subscripot X2 - Untuk membuat pangkat pada tulisan seperti
kuadrat, meter persegi, Kubik Dll. Untuk contoh penulisannya kalian bisa
lhat Di Artikel ini.
- Font Size - Untuk merubah ukuran tulisan
- A Style - Untuk
membuat style atau gaya pada tulisan
- Highlight Text (ab) - Untuk memblok warna kata atau kalimat didalam
dokumen
- Font Color (A) - Untuk merubah warna huruf atau tulisan di dalam
dokumen
- Align Lef t- Untuk
merubah tulisan dokumen menjadi rata kiri
- Align Center - Untuk merubah tulisan dokumen menjadi rata tengah
- Align Right - Untuk merubah tulisan dokumen menjadi rata kanan
- Align Justify - Untuk merubah tulisan dokumen menjadi seimbang
kanan dan kiri
- Shading Color - Untuk merubah warna blok pada tulisan dokumen
(background color).
- Icon Tabel - Untuk membuat tabel secara manual
- Bullets - Untuk
membuat icon kecil disamping tulisan
- Numbering - Untuk membuat nomor disamping tulisan
- Multilevel List - Untuk
membuat kombinasi list antara bullets dan numbering
- Increase dan Decrease - Untuk menambahkan dan mengurangi lebar paragraf
- Sort - Untuk
menyortir isi dokumen sesuai dengan abjad atau juga berdasarkan angka
H. Pembagian dan Fungsi Menu Pada Tab Insert :
- Cover Page - Untuk membuat cover halaman pada dokumen
- Blank Page - Untuk menambah halaman baru pada dokumen yang
sedang dikerjakan
- Page Break - Untuk
memisahkan halaman sebelum dan sesudahnya, seperti ketika kalian akan
membuat dua mode kertas yang berbeda didalam satu dokumen, contohnya bisa
kalian lihat di Artikel ini .
- Table - Untuk
menambahkan sebuah tabel di dalam dokumen
- Picture - Untuk
menambahkan gambar dari galeri komputer
- Clip Art - Untuk menambahkan gambar kecil seperti icon bawaan
dari word 2010
- Shapes - Untuk
menambahkan bentuk shapes seperti tabung, segitiga, kubus dll.
- SmartArt - Untuk membuat smartart seperti diagram batang,
circle proses dll.
- Chart - Untuk
menambahkan diagram chart seperti diagram alur lalu lintas
- Screenshot - Untuk memasukkan hasil screenshot atau tangkapan
layar di komputer secara cepat
- Hyperlink - Untuk memasukkan link alamat website kedalam teks
- Bookmark - Untuk menyimpan bagian dari dokumen yang kalian
anggap penting
- Header - Untuk
menambahkan objek yang menjadi ciri khas dari dokumen kalian atau juga
bisa dikatakan sebagai hak cipta kalian
- Footer - Sama
seperti header, namun letaknya berada dibawah dokumen
- Page Number - Untuk membuat nomor halaman pada dokumen
- Text Box - Untuk membuat tek didalam kotak
- Wordart - Untuk
membuat tulisan dengan gaya-gaya yang unik
- Drop Cap - Untuk membuat tulisan seperti bentuk koran, dimana
huruf pertama didalam dokumen akan tampak menjadi besar
- Equation - Untuk menambahkan simbol matematika didalam
dokumen
- Symbol - Sama
dengan fungsi Equation
I. Pembagian dan Fungsi Menu Pada tab Page Layout
- Themes - Untuk
membuat theme atau tema yang akan kalian gunakan
- Margins - Untuk
mengatur ukuran dari kertas yang akan kalian gunakan
- Orientation - Untuk mengatur mode kerta, apakah portrait atau
landscape
- Size - Untuk menentukan jenis kertas apa yang akan kalian
gunakan
- Column - Untuk
menentukan mode kolom tulisan pada setiap halaman dokumen
- Watermark - Untuk
membuat gambar transparan pada halaman dokumen yang bisa disebut juga
sebagai identitas asli dari dokumen yang kalian buat
- Page Color - Untuk
menentukan warna atau gambar yang akan kalian jadikan background
- Page border - Untuk membuat bingkai halaman
Komentar
Posting Komentar