Pengenalan Microsoft Excel 2010, Mengenal Menu dan fungsi menu Ms Excel
PEngenalan microsoft excel
2010, mengenal menu dan fungsi menu ms excel
Pada jendela
microsoft excel memiliki beberapa bagian menu-menu pada lembar kerja yang
memiliki funsgi tertentu. admin akan mengulas sedikit seputar
fungsi-fungsi dari menu ms.excel. Berikut ini merupakan menu – menu pada
Microsoft Excel dan keterangannnya :
A. MENU FILE
·
New, Membuat lembar kerja baru.
·
Open, Membuka file yang pernah disimpan baik di harddisk, CD
ataupun disket.
·
Close, Menutup jendela workbook yang akti
·
Save, Menyimpan workbook yang masih aktif.
·
Save As, Menyimpan workbook yang belum diberi nama atau menyimpan
workbook dengan nama baru.
·
Save As Web Page, Menyimpan workbook ke dalam halaman Web.
·
Save Workspace, menyimpan workbook aktif sebagai file workspace.
·
Web Page Preview, Melihat tampilan halaman web yang dibuat dan yang akan
dicetak.
·
Page Setup, Mengatur setting halaman workbook yang akan dicetak,
seperti header atau footer, margin, dan ukuran kertas.
·
Print Area, Untuk menentukan daerah lembar kerja yang akan di cetak.
·
Print Preview, Melihat lembar kerja sebelum dicetak.
·
Print, Mencetak lembar kerja
·
Send To, mengirim lembar kerja ke penerima e-mail (Mail Recipient),
mengirim lembar kerja ke penerima tertentu berdasarkan rute pengiriman tertentu
(Routing Recipient), mengirim lembar kerja ke folder Microsoft
·
Exchang (Exchange Folder), Mengirim lembar kerja yang aktif sebagai fax (Fax
Recipient), mengirim lembar kerja ke program PowerPoint sebagai slide.
·
Properties, Membuat ringkasan file workbook yang aktif
·
Exit, Keluar dari Ms. Excel dan menutup seluruh lembar kerja
B. MENU EDIT
·
Undo, Membatalkan perintah yang terakhir dilakukan.
·
Repeat, Mengulangi perintah terakhir yang pernah dibatalkan dengan
perintah Undo.
·
Cut, Memotong sebagian atau seluruh data (nilai, rumus, hyperlink,
komentar) dalam range atau sel lain di dalam satu lembar kerja atau antar
lembar kerja.
·
Copy, Menyalin (copy) data (nilai, rumus, komentar, hyperlink)
dari satu rang atau sel ke rang atau sel lain di dalam satu lembar kerja atau
antar lembar kerja.
·
Paste, fasilitas ini mendukung perintah Cut dan Copy data yang ada
di lembar kerja.
·
Paste Special, Fasilitas ini juga endukung perintah Cut dan Copy data yang
ada di lembar kerja.
·
Paste as Hyperlink, fasilitas ini mendukung peirntah Cut dan Copy terhadap
hyperlink pada lembar kerja atau data yang digunakan sebagai hyperlink.
·
Fill, mengisi data pada sel atau range di lembar kerja ke bawah,
atas, kanan, kiri, antara satu sheet ke sheet lain dan mengurukan data dengan
cepat.
·
Clear, Membersihkan atau menhapus semua data (All), format data
(formats), komentar (comments) dan isi data (contents) yang ada di lembar
kerja.Delete, Menhapus data atau memindahkan data pada lembar kerja (sel,
range, kolom, dan baris).
·
Delete Sheet, Fasilitas menghapus sheet pada lembar kerja anda.
·
Move or Cop Sheet, Memindahkan atau menyalin sheet pada lembar kerja atau
antar lembar kerja.
·
Find, Mencari data nilai, rumus atau formula, dan komentar pada
lembar kerja.
·
Replace, Mengganti data pada lembar kerja menjadi data baru.
·
Go To, Memindahkan letak sel aktif ke sel lain, komentar, rumus,
konstanta dan yang lainnya.
·
Links, Menampilkan atau mengubah setiap link yang ada di file
aktifyang mencakup nama dan tempat file sumber, data dan tipe
·
Object, Mengedit object yang berasal dari insert yang berhubungan
dengan Link (Object, ClipArt) dan lain-lain.
C. MENU VIEW
·
Normal, Menampilkan lembar kerja Ms. Excel dalam status normal.
·
Page Break Preview, Melihat hasil pemotongan halaman pada lembar kerja.
·
Toolbars, Memunculkan toolbar Ms. Excel yang terdiri dari : Standard,
Formatting, Chart, Control Toolbox,
·
Drawing, External Data, Forms, Pictore, PivotTabel, Reviewing,
Visual Basic, Web, WordArt, dan Customize
·
Formula Bar, Menampilkan Status Bar (Baris Status) berisi teks untuk
menjelaskan status operasi untuk digunakan selanjutnya.
·
Header dan Footer, Membuat header dan footer sebagai efek cetakan.
·
Comments, menampilkan toolbar Reviewing dan Comment pada lembar
kerja.
·
Custom Views, menyimpan beberapa area cetak di dalam workbook.
·
Full Screen, Menampilkan lembar kerja satu tayanyan penuh.
·
Zoom, Mengubah ukuran penampilan lembar kerja Ms. Excel.
D. MENU INSERT
·
Cells, Menyisipkan sel berisi data atau sel kosong yang berbentuk
satu sel, satu baris sel, satu kolom sel, beberapa baris sel dan beberapa
kolom.
·
Rows, Menyisipkan satu baris sel.
·
Columns, Menyisipkan satu kalom sel.
·
Woorksheet, Menyisipkan lembar kerja atau menyisipkan grafik (Chart)
·
Page Break, Untuk membuat potongan halaman (ditandai dengan garis
putus-putus) yang tercetak menjadi beberapa bagian halaman.
·
Function, Menyisipkan fungsi logika, database, statistic,
trigonometeri, financial pada lembar kerja
·
Name, Untuk menyisipkan nama rang data, menampilkan nama
range data dan membuat rang untuk label pada lembar kerja.
·
Comment, Memberikan komentar ke lembar kerja.
·
Picture, Untuk menyisipkan gambar dari fasilitas ClipAt, From File
(biasanya file hasil Scan), AutoShapes,
·
Organization Chart, WordArt
dan From Scanner or Camera.
·
Object, Menyisipkan object yang pernah dibuat dengan Ms. Word.
·
Hyperlink, Menyisipkan teks dan gambar hyperlink pada lembar kerja
untuk membuat shortcut dalam membuka lembar kerja yang tersimpan di harddisk,
internet, server jaringan dan lain-lain.
E. MENU FORMAT
·
Cells, Menentukan format sel yang akan dibuat baik format angka,
font, border, dan yang lainnya.
·
Row, Mengatur tinggi baris pada satu sel atau beberapa sel dan
menyembunyikan atau menampilkan baris.
·
Column, Mengatur lebar kolom, menyembunyikan dan mengembalikan
kembali kolom yang telah disembunyikan.
·
Sheet, Memformat sheet yang sedang aktif.
·
AutoFOrmat, Menggunakan fasilitas format yang disediakan Ms. Excel
untuk membuat format table yang terdapat pada kotak dialog AutoFormat.
·
Conditional Formatting, Untuk memmformat nilai-nilai dalam sel yang di sorot pada
lembar kerja.
·
Style, Memformat dan mengubah
F. MENU TOOLS
·
Spelling, Memeriksa data pada lembar kerja yang diaktifkan yang
mencakup memeriksa sel berisi angka, nilai, komentar, grafik, kotak teks,
header dan footer.
·
Autocorrect, Mengubah, menghapus dan mengoreksi data yang ada pada
lembar kerja secara otomatis.
·
Share Workbook, Untuk berpindah ke modus share workbook dimana
memungkinkan kita sendiri atau pengguna yang lain dalam suatu jaringan computer
untuk mengubah dan menyimpan workbook yang persis sama isinya.
·
Track Changes, Melihat pengubahan data yang dilakukan atau oleh pengguna
lain berdasarkan waktu, siapa dan dimana pengubahanitu terjadi di dalam
jaringan computer.
·
Merge Workbooks, Menggabungkan (merger) pengubahan dari beberapa share
workbook ke sebuah workbook.
·
Protection, mengamankan data atau memproteksi sheet, workbook dan
share workbook.
·
Onlaine Collaboration, Menyusun dan mengadakan pertemuan beserta dengan
jadwalnya. Fasilitas in terdiridari : MeetNow, Schedule Meeting dan Web
Discussion.
·
Goal Seek, Mengubah nilai pada rumus sesuai dengan keinginan pada
sel atau pada grafik.
·
Scenarios, Membuat, menampilkan, menghapus, mengedit scenario dan
membuat ringkasan laporan scenario pada lembar kerja Ms. Excel
·
Auditing, Meletakkan rumus yang menggunakan nilai pada sel aktif,
mengatur sel yang meletakkan data ke rumus, menyembunyikan nilai yang salah
pada sel, mencirikannilai yang salah pada sel, mengatur sel pada lembar kerja
lain yantuk meletakkan data pada rumus dan memindahkan satu atau lebih tingkat
dari panan perunut (tracer).
·
Macro, Membuat atau mejalankan program macro, mengedit atau
menghapus macro yang di buat.
·
Add-Ins, Mengaktifkan atau menonaktifkan program Add-ins milik
Ms. Excel
·
Customize, Menata toolbar, menambahkan command baru, membuat menu dan toolbar
sesuai dengan keingingan pengguna.
·
Options, Menuntun kita dalam menggunakan delapan tabulasi : View,
Calculation, Edit, General, Transition, Custom Lists, Chart, Color.
G. MENU DATA
·
Sort, Mengurutkan (sorting) data dari yang terbesar ke
terkecil atau dari yang terkecil ke terbesar.
·
Filter, Mengurutkan dan mengelola daftar data.
·
Form, Menangani record yang ada dalam daftar yaitu membuat
atau menambah record, menghapus record, menampilkan criteria record yang
dihapus, menemukan record sebelumnya, menemukan record selanjutnya dan
menentukan criteria record.
·
Subtotals, Menghitung nilai subtotal dan total akhir suatu daftar.
·
Validation, Membatas jenis data yang dapat dimasukkan dalam sel dan
range yang mencakup angka bulat, angka decimal atau teks.
·
Table, membuat satu atau lebih variable data pada table dan
menambah rumus pada satu variable data yang ada dalam table.
·
Teks to Columns, Mengubah data berbentuk teks menjadi kolom pada lembar
kerja.
·
Consolidate, konsolidasi data berdasarkan pada posisi, kategori,
menambah daerah sumbar data lain untuk konsolidasi, memperbaharui konsolidasi
jika data diubah, mengubah acuan sumber data dalam konsolidasi, menghapus sumber
daerah acuan dari konsolidasi.
·
Group and Outline, Menggabungkan (Group) dan pembingkaian (Outline) data yang
pada lembar kerja seperti object, numeric, dan lainnya.
·
Pivot Table and Pivot Chart
Report, membuat table pivot dan
grafik pivot di lembar kerja.
·
Get External Data, melakukan sesuatu yang berhubungan dengan data
eksternal seperti Web Query, database query dan lainnya.
·
Refresh Data, menyegarkan kembali data yang diperoleh dari data luar
(external) dan table fivot.
H. MENU WINDOW
·
New Window, Memperlihatkan lembar kerja yang sedang di edit pada
jendela baru (new window).
·
Arrange, Mengatur jendela dari workbook aktif agar dapat melihat
seluruh workbook aktif tersebut.
·
Hide, Menyembunyikan workbook aktif.
·
Unhide, Menampilkan kembali workbook yang disembunyikan.
·
Split, Membagi lembar kerja dari workbook aktif menjadi
beberapa bagian.
·
Freeze Panes, Membekukan bagian lembar kerja agar kita tetap dapat
melihat sel yang ada di bagian bawah atau kanan lembar kerja.
Terimakasih
semoga informasi yang diberikan bermanfaat.
Komentar
Posting Komentar